DSpace Repository

Kinerja Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai(Studi Kasus Pada Pelayanan Kartu Keluarga Dan E-KTP)

Show simple item record

dc.contributor.author Nanggung, Uzlifah Andi
dc.contributor.author Ismail, Imran
dc.contributor.author Juharni
dc.date.accessioned 2023-05-09T01:08:43Z
dc.date.available 2023-05-09T01:08:43Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.issn 23028831
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6141
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kinerja pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai yang dilaksanakan oleh birokrasi pemerintahan menyangkut pemenuhan hak-hak sipil masyarakat dalam penerbitan Dokumen Kependudukan khususnya kartu Keluarga dan KTP-elektronik serta menggambarkan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian terdiri dari kepala dinas, sekertaris, kabid kependudukan petugas pelayanan dan masyarakat dengan jumlah informan 9 orang, sumber data terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari tehnik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai sudah cukup baik dan sistematis. Pelayanan yang diberikan sudah dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat tentang dokumen kependudukan secara legal, formal sesuai dengan peraturan perundang-undangan khususnya dokumen Kartu Keluarga dan KTP-elektronik. Dengan mengaplikasikan teknologi berbasis komputer yang terintegrasi langsung kepusat dan seluruh Dukcapil seIndonesia serta dengan kompetensi petugas yang mampu mengoperasikan komputer untuk mendukung kinerja petugas. Namun yang perlu ditingkatkan adalah Sumber daya Manusia, peningkatan Anggaran yang dapat menunjang kesejahteraan petugas pelayanan serta peningkatan sarana dan prasarana pelayanan yang merupakan factor penghambat pelayanan sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat en_US
dc.publisher Paradigma: Administrasi Negara en_US
dc.subject Kinerja en_US
dc.subject petugas en_US
dc.subject Pelayanan Publik en_US
dc.subject Kartu Keluarga en_US
dc.subject E-KTP en_US
dc.subject Sinjai en_US
dc.title Kinerja Pelayanan Publik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai(Studi Kasus Pada Pelayanan Kartu Keluarga Dan E-KTP) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account