Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi bauran pemasaran dan kualitas komitmen konsumen terhadap
keputusan pembelian handphone android. Metode penelitian ini yaitu deskriftif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner
(primer) dengan wawancara beberapa koresponden. Hasil penelitian ini ditemukan permasalahan sehubungan dengan
keputusan konsumen untuk melakukan pembelian handphone. Fluktuasi omzet terhadap beberapa counter handphone di
Kota Makassar ditemukan beberapa strategi untuk menarikan konsumen baik sebagai pelanggan lama maupun pelanggan
baru dengan melakukan bauran pemasaran terhadap unsur kualitas, harga dan pelayanan. Dengan adanya strategi tersebut,
maka tingkat capain volume penjualan meningkat walaupun persentase kenaikan mengalami naik turun. Komitmen
konsumen untuk memutuskan membeli handphone tipe android terdapat beberapa perilaku yang ditentukan oleh kriteria
sehingga pihak penjual di beberapa lokasi dalam wilayah Kota Makassar mempunyai strategi pemasaran/menjual barang
yang berbeda namun tetap menerapkan bauran pemasaran. Di antara unsur bauran dalam memasarkan handphone yang
memberikan kontribusi meingkatkan omzet adalah unsur kualitas produk dan pelayanan konsumen lalu penetapan harga.