Abstract:
Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kinerja Perusahaan Jasa
Pelaksana Konstruksi Pada PT Dian Perdana Sorowako. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang
desainnya bersifat umum serta fleksibel atau berkembang sesuai dengan situasi dilapangan. Penelitian ini dilakukan di
Perusahaan PT. Dian Perdana Soroako. Populasi adalah suatu kumpulan menyeluruh dari suatu obyek yang merupakan
perhatian peneliti. Populasi yang digunakan untuk menentukan sampel pada perspektif pelanggan adalah jumlah mitra dari
PT Dian Perdana Sorowako. Sementara, besarnya populasi untuk perspektif proses bisnis internal dan perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan adalah jumlah seluruh karyawan tetap maupun karyawan kontrak PT Dian Perdana
Sorowako. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yang merupakan teknik penentuan
sampel yang dimana setiap elemen populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik ini digunakan karena mempertimbangkan
jumlah populasi yang relatif kecil, jadi untuk ketepatan pengukuran (analisis) maka semua elemen populasi, dijadikan
sampel penelitian. Jadi berdasarkan teknik penentuan sampel tersebut, maka jumlah responden penelitian ini yaitu 95 orang
yang merupakan seluruh karyawan PT. Dian Perdana Soroako. Sedangkan berdasarkan sumbernya, data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. sumber data yang digunakan, maka teknik pengumpulan data
primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan untuk mengimplementasikan metode Balanced Scorecard terdiri
dari empat perspektif yaitu perspektif keuangan, pelanggan/konsumen, proses internal bisnis, serta pembelajaran dan
pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari perspektif keuangan PT Dian Perdana Sorowako dilihat dari
rasio likuiditas dengan menggunakan pengukuran current ratio menunjukkan hasil yang kurang baik, jika dibandingkan
dengan ukuran baku perindustrian. (2) Dari perspektif pelanggan PT Dian Perdana Sorowako dilihat dari indikator
tangibles, reliability, responsiveness dan assurance dan empaty. (3) Dari perspektif proses bisnis internal PT Dian Perdana
Sorowako dilihat dari indikator peralatan, sarana prasarana dan proses pada PT Dian Perdana Sorowako dari perspektif
proses bisnis internal secara garis besar memiliki kinerja perusahaan yang cukup baik. (4) Dari perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan PT Dian Perdana Sorowako dilihat dari indikator kemampuan dan motivasi secara garis besar memiliki kinerja
perusahaan yang cukup baik