Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah
model 4-D yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek
uji coba modul ini adalah siswa kelas VII MTs Al Khairaat Tavanjuka. Penelitian ini dibatasi di MTs yang
telah menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi. Sekolah tersebut adalah MTs Alkhairaat Tavanjuka. Data
yang diperoleh dari uji coba berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data divalidasi oleh pakar yang memahaminya terlebih dahulu. Instrumen yang digunakan
terdiri atas lembar wawancara, angket analisis siswa, angket analisis kurikulum, angket analisis konsep, lembar
validasi produk, lembar praktikalitas e-modul, lembar observasi aktivitas siswa, tes kinerja menulis, rubrik
penilaian tes kinerja menulis, dan angket penyebaran e-modul. Proses pengembangan e-modul yang sudah
dilakukan meliputi empat tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop),
dan penyebaran (disseminate). Proses pengembangan tersebut menghasilkan produk berupa e-modul
pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis inquiry learning yang valid, praktis, dan efektif.
Aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan dapat ditinjau dari kevalidan e-modul
pembelajaran ini dengan nilai kevalidan e-modul sebesar 94,62 dengan kategori sangat valid