DSpace Repository

PengembanganE-Modul pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi berbasis inquiry learningSiswa Kelas VII

Show simple item record

dc.contributor.author Idrus
dc.contributor.author Medopa, Nurmaya
dc.contributor.author Sartika, Diana
dc.contributor.author Muhammadiah, Mas’ud
dc.contributor.author Safar, Muh.
dc.contributor.author Solissa, Everhard Markiano
dc.date.accessioned 2023-06-19T03:26:06Z
dc.date.available 2023-06-19T03:26:06Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.issn 2655-1365
dc.identifier.issn 2654-5497
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6453
dc.description.abstract Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba modul ini adalah siswa kelas VII MTs Al Khairaat Tavanjuka. Penelitian ini dibatasi di MTs yang telah menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi. Sekolah tersebut adalah MTs Alkhairaat Tavanjuka. Data yang diperoleh dari uji coba berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data divalidasi oleh pakar yang memahaminya terlebih dahulu. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar wawancara, angket analisis siswa, angket analisis kurikulum, angket analisis konsep, lembar validasi produk, lembar praktikalitas e-modul, lembar observasi aktivitas siswa, tes kinerja menulis, rubrik penilaian tes kinerja menulis, dan angket penyebaran e-modul. Proses pengembangan e-modul yang sudah dilakukan meliputi empat tahap, yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Proses pengembangan tersebut menghasilkan produk berupa e-modul pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis inquiry learning yang valid, praktis, dan efektif. Aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan dapat ditinjau dari kevalidan e-modul pembelajaran ini dengan nilai kevalidan e-modul sebesar 94,62 dengan kategori sangat valid en_US
dc.publisher Journal on Education en_US
dc.subject E-modul en_US
dc.subject Inquiry learning en_US
dc.subject teks laporan hasil observasi en_US
dc.title PengembanganE-Modul pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi berbasis inquiry learningSiswa Kelas VII en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account