Abstract:
Tujuan penelitian bertujuan untuk mengkaji,
menganalisis dan menginterpretasi pengaruh nilai nasabah dan reputasi terhadap
minat menabung melalui kepercayaan pada PT. BRI (Persero) Unit Bulu-Bulu
Cabang Maros. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif.
Dengan jumlah sampel sebanyak 112 orang nasabah. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi berganda melalui pendekatan jalur atau path
dengan SPSS versi 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai
nasabah, reputasi dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat menabung secara langsung dan nilai nasabah dan reputasi berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat menabung melalui kepercayaan.
Kepercayaan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat
menabung secara langsung. Untuk mengukur hubungan tidak langsung antara
nilai nasabah dan reputasi terhadap minat menabung melalui kepercayaan, maka
dilakukan pengujian regresi kedua. Hasil yang ditunjukan bahwa nilai nasabah
dan reputasi memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap minat menabung
melalui kepercayaan. Hubungan tidak langsung memiliki koefisien regresi yang
lebih besar dari hubungan langsung yang terjadi. Hal ini nilai nasabah paling
dominan berpengaruh terhadap minat menabung.