Abstract:
Perangkat Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Model Problem Based
Learning (Studi Pengembangan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makasar). Tujuan pada
penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat
pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis model Problem Based Learning pada siswa kelas
VII SMP Negeri 8 Makasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development
(R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh pada
penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran dinyatakan valid karena kriteria kevalidan telah
terpenuhi, yaitu nilai rata-rata validitas untuk keseluruhan aspek minimal berada pada kategori
cukup valid dan nilai validitas untuk setiap aspek minimal berada dalam kategori valid (
), (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis karena kriteria kevalidan telah
terpenuhi, yaitu keseluruhan aspek komponen sintaks model Problem Based Learning pada
Rencana Pelaksanaan pembelajaran 1, 2, 3, dan 4 berada dalam kategori terlaksana seluruhnya (
), dan (3) perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena kriteria kevalidan telah
terpenuhi, yaitu ketuntasan hasil belajar siswa = 95%, rata-rata kemampuan guru mengelolah
pembelajaran adalah = 3,7 berada pada kategori baik (3,00 ≤ tkg < 4,00). Siswa memberi respons
positif terhadap pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan perangkat
pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis model Problem Based Learning = 93,5%.