DSpace Repository

Perangkat Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Model Problem Based Learning (Studi Pengembangan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makassar)

Show simple item record

dc.contributor.author Asdar
dc.date.accessioned 2022-03-01T03:41:47Z
dc.date.available 2022-03-01T03:41:47Z
dc.date.issued 2016-08
dc.identifier.issn 2614-2716 (online)
dc.identifier.issn 2301-4768 (print)
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/701
dc.description.abstract Perangkat Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Model Problem Based Learning (Studi Pengembangan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makasar). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis model Problem Based Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Makasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran dinyatakan valid karena kriteria kevalidan telah terpenuhi, yaitu nilai rata-rata validitas untuk keseluruhan aspek minimal berada pada kategori cukup valid dan nilai validitas untuk setiap aspek minimal berada dalam kategori valid ( ), (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan praktis karena kriteria kevalidan telah terpenuhi, yaitu keseluruhan aspek komponen sintaks model Problem Based Learning pada Rencana Pelaksanaan pembelajaran 1, 2, 3, dan 4 berada dalam kategori terlaksana seluruhnya ( ), dan (3) perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena kriteria kevalidan telah terpenuhi, yaitu ketuntasan hasil belajar siswa = 95%, rata-rata kemampuan guru mengelolah pembelajaran adalah = 3,7 berada pada kategori baik (3,00 ≤ tkg < 4,00). Siswa memberi respons positif terhadap pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan perangkat pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis model Problem Based Learning = 93,5%. en_US
dc.publisher Departement of Indonesian Language Universitas Negeri Makassar en_US
dc.subject perangkat pembelajaran, teks eksplanasi, model problem based learning en_US
dc.title Perangkat Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Model Problem Based Learning (Studi Pengembangan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Makassar) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account