Abstract:
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1)
mengetahui hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran menulis
artikel opini tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis
proyek pada pretest, (2) mengetahui hasil belajar mahasiswa dalam
pembelajaran menulis artikel opini dengan menggunakan model
pembelajaran berbasis proyek pada posttest, dan (3) mengetahui
efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran
menulis artikel opini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan model true experimental design bentuk one group pretest
posttest design. Untuk memperoleh data pada penelitian ini,
menggunakan instrumen lembar observasi dan tes. Data analisisis
dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar mahasiswa
dalam pembelajaran menulis artikel opini tanpa menggunakan model
pembelajaran berbasis proyek pada pretest berada pada kategori
tidak tuntas karena persentase hasil belajar mahasiswa yang tuntas
belum mencapai standar ketuntasan hasil belajar, yakni (≥85 % -
100%), (2) hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran menulis
artikel opini dengan menggunakan model pembelajaran berbasis
proyek pada postest berada pada kategori tuntas karena persentase
hasil belajar mahasiswa yang tuntas telah mencapai standar
ketuntasan hasil belajar, yakni (≥85% - 100%), dan (3) model
pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan dalam
pembelajaran pembelajaran menulis artikel opini pada Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas
Muhammadiyah Makassar karena kriteria keefektifan telah
terpenuhi, yaitu nilai t hitung > nilai t tabel (4, 779 > 2,04).