DSpace Repository

PEMBELAJARAN MENULIS ARTIKEL OPINI BERBASIS PROYEK

Show simple item record

dc.contributor.author Sakaria
dc.contributor.author Asdar
dc.contributor.author Akbar, Amal
dc.date.accessioned 2022-04-07T06:42:01Z
dc.date.available 2022-04-07T06:42:01Z
dc.date.issued 2019-08
dc.identifier.issn 2656-8772
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/707
dc.description.abstract Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran menulis artikel opini tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada pretest, (2) mengetahui hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran menulis artikel opini dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada posttest, dan (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis artikel opini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model true experimental design bentuk one group pretest posttest design. Untuk memperoleh data pada penelitian ini, menggunakan instrumen lembar observasi dan tes. Data analisisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran menulis artikel opini tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada pretest berada pada kategori tidak tuntas karena persentase hasil belajar mahasiswa yang tuntas belum mencapai standar ketuntasan hasil belajar, yakni (≥85 % - 100%), (2) hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran menulis artikel opini dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada postest berada pada kategori tuntas karena persentase hasil belajar mahasiswa yang tuntas telah mencapai standar ketuntasan hasil belajar, yakni (≥85% - 100%), dan (3) model pembelajaran berbasis proyek efektif digunakan dalam pembelajaran pembelajaran menulis artikel opini pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar karena kriteria keefektifan telah terpenuhi, yaitu nilai t hitung > nilai t tabel (4, 779 > 2,04). en_US
dc.subject Menulis, Artikel Opini, Model Pembelajaran Berbasis Proyek en_US
dc.title PEMBELAJARAN MENULIS ARTIKEL OPINI BERBASIS PROYEK en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account