Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh
Kualitas Layanan bagi Tunggakan Tagihan Listrik pada PLN UP3 Watampone,
untuk menguji dan menganalisa pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap
Tunggakan Tagihan listrik pada PLN UP3 Watampone, dan untuk menguji dan
menganalisa pengaruh Perilaku Pelanggan terhadap Tunggakan Tagihan listrik
pada PLN UP3 Watampone. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan
teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, dengan teknik analisis
data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa
kualitas pelayanan dapat memberikan dampak terhadap rendahnya tunggakan
pembayaran listrik. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa dengan
kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan dengan kinerja layanan yang sesuai
dengan ekspektasi yang dirasakan oleh pelanggan akan mempengaruhi rendahnya
pelanggan untuk menunggak. Perilaku pelanggan yang baik akan mempengaruhi
rendahnya pelanggan untuk menunggak pembayaran listrik.