Abstract:
Penelian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktorfaktor preferensi konsumen dalam memilih produk kopi olahan lokal di Kota
Makassar. Penelitian ini berlokasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Populasi
dalam penelitian ini sebanyak 120 konsumen dari 3 Coffee Shop di Kota Makassar
dengan subjek dalam penelitian ini yaitu konsumen Kopi Ngumpul, Ransum Café
dan Kopi Hub di Kota Makassar. Adapun sampel masing-masing sebanyak 15
konsumen yang menjadi responden pada 3 Kedai Kopi (Coffee Shop). Data
penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Anasilis Faktor-Faktor
Pereferensi Konsumen Dalam Memilih Produk Kopi Olahan Lokak di Kota
Maksassar Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor preferensi
konsumen yang muncul adalah: (1) Faktor preferensi konsumen berdasarkan
kualitas kopi dari segi cita rasa kopi rata-rata responden menilai dengan kategori
berkualitas baik. (2) Faktor preferensi konsumen berdasarkan harga kopi rata-rata
responden menilai dengan kategori cukup atau cukup terjangkau. (3) Faktor
preferensi konsumen berdasarkan ketersediaan kopi rata-rata responden menilai
dengan kategori cukup atau mudah didapatkan. (4) Faktor preferensi konsumen
berdasarkan menu dari segi varian menu kopi rata-rata responden menilai kurang.
(5) Faktor preferensi konsumen berdasarkan suasana dari segi kenyamanan lokasi
menikmati kopi rata-rata responden menilai baik atau sangat nyaman.