Abstract:
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perkembangan
teknologi digital terhadap strategi pemasaran, distribusi dan umkm dan
mengetahui kemajuan teknologi digital pada umkm dan hambatan serta manfaat
perkembangan teknologi digital terhadap startegi pemasaran, distribusi dan umkm
kota makassar,penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis
menggunakan analisis yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti. Teknologi digital memiliki peranan
yang besar pada bisnis dan pemasaran kepada lima UMKM (gallery eceng
gondok, 89 hidroponik, bobabobi, afstore,sahari cake) . Penggunaan teknologi
digital pada konsep pemasaran digital merupakan kombinasi dari strategi online
dan juga offline, dimana pemasaran dengan media online harus juga didukung
dengan konten offline yang memiliki human-to-human touch sehingga menjadi
relevan untuk bisa menciptakan engagement dengan konsumen. Teknologi digital
dapat memfasilitasi pengembangan bisnis UMKM di Makassar.