Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui, menguji dan
mengidentifikasi pengaruh dimensi media sosial yaitu entertainment, interaction
dan customization terhadap brand awareness dan bagaimana perannya terhadap
keputusan mahasiswa baru Universitas Bosowa tahun 2022 memilih Universitas
Bosowa sebagai kampus pilihannya yang diuji baik pengaruh secara langsung
maupun pengaruh tidak langsung atau melalui variabel antara. Guna mencapai
tujuan tersebut, maka digunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran
kuesioner kepada 93 sampel penelitian dari total 1.882 populasi. Teknik analisa data
tersebut menggunakan analisis PLS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
indikator dari dimensi media sosial yang terbagi menjadi 3 (tiga) variabel memiliki
pengaruh signifikan terhadap brand awareness juga brand awareness secara
langsung memiliki nilai signifikan positif kepada keputusan mahasiswa baru
Universitas Bosowa tahun 2022 memilih Universitas Bosowa sebagai kampus
pilihannya. Nilai tersebut berada dibawah nilai <0,05 sehingga dalam pengujian
hipotesis 8 (delapan) indikator tersebut dianalisa memiliki pengaruh signifikan dan
positif. Namun dari keseluruhan hipotesis sejumlah 9 (sembilan), 1 (satu)
diantaranya tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Y, yaitu
customization tidak berpengaruh signifikan secara langsung dalam pengambilan
keputusan mahasiswa baru Universitas Bosowa tahun 2022 memilih Universitas
Bosowa.