Abstract:
Penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya peningkatan hasil belajar
fisika peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pendekatan
pembelajaran konvensional pada kelas XI MIA SMAN 9 Makassar; mendeskripsikan besarnya nilai efek pendekatan
pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran fisika; menganalisis peningkatan hasil belajar fisika yang diajar dengan
pendekatan pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari dua yaitu pendekatan pembelajaran
Kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional sedangkan variabel tak bebas adalah hasil belajar fisika. Populasi
penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil
belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Kontekstual dalam kategori sedang dan yang
diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional dalam kategori rendah; niai efek pendekatan pembelajaran
Kontekstual dalam pembelajaran fisika menunjukkan bahwa efek perlakuan yang digunakan berada pada kategori besar
dengan ukuran efek Cohen D = 0,871; peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar yang
diajar dengan pendekatan pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pendekatan
konvensional.