DSpace Repository

Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar

Show simple item record

dc.contributor.author Awwam, Mursyidul
dc.contributor.author Jasruddin
dc.contributor.author Sari, Salamang Salmiah
dc.date.accessioned 2023-10-25T09:03:13Z
dc.date.available 2023-10-25T09:03:13Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8259
dc.description.abstract Penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Kontekstual dan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada kelas XI MIA SMAN 9 Makassar; mendeskripsikan besarnya nilai efek pendekatan pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran fisika; menganalisis peningkatan hasil belajar fisika yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang terdiri dari dua yaitu pendekatan pembelajaran Kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional sedangkan variabel tak bebas adalah hasil belajar fisika. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran Kontekstual dalam kategori sedang dan yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional dalam kategori rendah; niai efek pendekatan pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran fisika menunjukkan bahwa efek perlakuan yang digunakan berada pada kategori besar dengan ukuran efek Cohen D = 0,871; peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Makassar yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Kontekstual lebih tinggi daripada peserta didik yang diajar dengan pendekatan konvensional. en_US
dc.publisher Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar en_US
dc.subject pendekatan pembelajaran en_US
dc.subject pembelajaran kontekstual en_US
dc.subject hasil belajar fisika en_US
dc.title Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 9 Makassar en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account