Abstract:
Kopi merupakan komoditas ekspor unggulan yang dikembangkan di
Indonesia karena mempunyai nilai ekonomis yang relatif tinggi di pasaran dunia.
Pemasaran kopi merupakan mata rantai kegiatan yang panjang di jutaan petani
dan perkebunan-perkebunan kopi di desa-desa sampai ke pabrik-pabrik kopi dan
perusahaan eksportir.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus
tahun 2023. Populasi dalam penelitian berjumlah 171 orang. Sampel dalam
penelitian ini diperoleh secara acak sederhana dengan jumlah 10% dari populasi,
sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 17 orang. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis margin
pemasaran. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa marjin pada saluran I
sebesar Rp.4.000/kg dan marjin pada saluran II sebesar Rp.20.000/kg.