DSpace Repository

KETERAMPILAN GENERIK SAINS UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author Patandean, Agustinus Jarak
dc.date.accessioned 2022-07-29T09:02:51Z
dc.date.available 2022-07-29T09:02:51Z
dc.date.issued 2011-04
dc.identifier.issn 1858-330X
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/875
dc.description.abstract Keterampilan generik serta beberapa istilah lain yang serupa telah berkembang luas di Amerika, Australia dan Eropa. Di Indonesia, keterampilan generik yang lebih popular dengan nama soft skills ini belum menjadi perhatian besar bagi stakeholders Sekolah Menengah Umum (SMA). Makalah ini akan memaparkan urgensi serta tuntutan dunia kerja akan keterampilan generik bagi tenaga kerja yang mereka butuhkan. Makalah ini juga akan membandingkan kesesuaian elemen-elemen keterampilan generik yang berkembang di Australia dengan dua mata pelajaran kelompok adaptif di SMA. Kajian ini mengambil mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) dan Kewirausahaan sebagai pembanding dengan konsep keterampilan generik model Australia. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa elemen keterampilan generik di pelajaran-pelajaran kelompok adaptif masih sangat kurang dibandingkan dengan jenis keterampilan yang sama yang berkembang di Australia. Pada bagian akhir akan dipaparkan beberapa pilihan dan agenda pengembangan keterampilan generik sebagai kerangka untuk membangun karakter khas siswa. en_US
dc.publisher Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika UNM en_US
dc.subject Keterampilan generik; kurikulum kelompok adaptif; Employability Skills Framework Australia; karakter siswa en_US
dc.title KETERAMPILAN GENERIK SAINS UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account