Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan model Quantum Teaching
dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SD
Negeri Nusa Harapan Permai BTP Kota Makassar. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 laki laki dan 13 perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini di laksakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan
tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah tes kemampuan dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia dan lembar observasi. Tes hasil belajar dapat diukur dari hasil
belajar dianalisis secara kualitatif. Teknik analisis data diambil pada saat
proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar
Bahasa Indonesia siswa 66,4 dengan persentase ketuntasan adalah 43,33%
dan berada pada kategori baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai
rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia berada pada nilai 80,33 dengan
persentase ketuntasan adalah 86,67% dan berada pada kategori sangat baik.
Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setelah digunakan model
pembelajaran Quantum Teaching yaitu pada siklus I terdapat 17 yang belum
tuntas dari seluruh jumlah siswa yang hadir. Semangat dan antusias siswa
dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan
semakin minimnya siswa yang melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu kegiatan pembelajaran sehingga berimplikasi pada keaktifan
siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasil analisis di atas dapat
disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dalam
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Negeri
Nusa Harapan Permai Kota Makassar