DSpace Repository

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD NEGERI NUSA HARAPAN PERMAI KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author Rezkiati, Rezkiati
dc.contributor.author Muhammadiah, Mas’ud
dc.contributor.author Ahmad, Lutfin
dc.date.accessioned 2022-08-31T06:01:15Z
dc.date.available 2022-08-31T06:01:15Z
dc.date.issued 2022-06
dc.identifier.issn 2528-357X
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/929
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SD Negeri Nusa Harapan Permai BTP Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 laki laki dan 13 perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini di laksakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan lembar observasi. Tes hasil belajar dapat diukur dari hasil belajar dianalisis secara kualitatif. Teknik analisis data diambil pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa 66,4 dengan persentase ketuntasan adalah 43,33% dan berada pada kategori baik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia berada pada nilai 80,33 dengan persentase ketuntasan adalah 86,67% dan berada pada kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setelah digunakan model pembelajaran Quantum Teaching yaitu pada siklus I terdapat 17 yang belum tuntas dari seluruh jumlah siswa yang hadir. Semangat dan antusias siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan semakin minimnya siswa yang melakukan aktivitas lain yang dapat mengganggu kegiatan pembelajaran sehingga berimplikasi pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar en_US
dc.publisher EMBRIO PENDIDIKAN en_US
dc.subject Hasil Belajar, Quantum Teaching en_US
dc.title PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD NEGERI NUSA HARAPAN PERMAI KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account