Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konfigurasi pendidikan karakter
berbasis multiple intligences sebagai salah satu desain pembelajaran penting di era inovasi
disruptif ini. Untuk mengelaborasi dan menemukan tujuan penelitian di atas, maka penulis
melakukan penelitian dengan jenis studi pustaka, serta menggunakan pendekatan filosofis atau
analisis konten. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan diimplementasikan
mesti dengan kesadaran dan memahami dengan benar, jika anak yang lahir dibekali dengan bakat
serta kecerdasan masing-masing yang tentunya bervariasi. Oleh karena itu, di dalam suatu proses
pembelajaran tentunya tidak akan berjalan efektif jika hanya dijalankan tanpa ada kresasi dan
inovasi desain motode pembelajaran, namun mesti dipahami juga bahwa didalam suatu proses
pembelajaran terdapat berbagai materi dimana seorang pendidik juga harus menggunakan
beragam desain metode pembelajaran dan dalam melakukan penentuan metode serta
memodifikasi atau mendesain metode, pendidik wajib memahami secara mendalam mengenai
kecerdasan yang ada pada setiap individu sebab hal ini bisa mempengaruhi keberhasilan pada
suatu pembelajaran dalam proses pendidikan karakter. Pendidikan yang tidak menekankan pada
pengoptimalan berbasis potensi kecerdasan majemuk, berimplikasi pada kegagalan dalam
mewujdukan peserta didik menjadi manusia yang berkarakter kuat positif di era inovasi disruptif
ini