Abstract:
Kurangnya sikap tanggung jawab siswa terhadap mata pelajaran IPA,
membuat guru harus mampu mendesain pembelajaran yang bermakna
dan memaksimalkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran,
oleh karena itu model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai alternatif
untuk mencoba meningkatkan sikap tanggung jawab siswa dalam
proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk
menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan
menggunakan nonequivalent control group design. Populasi berjumlah
56 siswa sehingga digunakan sampling total yaitu berjumlah 56 siswa.
Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar
observasi dan angket, kemudian dianalisis dengan program SPSS versi
20, analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Tsampel berpasangan. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang
signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing
terhadap sikap tanggung jawab siswa Sekolah dasar kelas V pada mata
pelajaran IPA. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran
inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa
Sekolah dasar kelas V pada mata pelajaran IPA.