Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis lingkungan kerja,
kualitas pelayanan dan kepuasan kerja secara simultan berpengaruh terhadap
produktivitas kerja di Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang
Panakkukang Kota Makassar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan di Bank
Rakyat Indonesia (Persero) TBK Kantor Cabang Panakkukang Kota Makassar
yang berjumlah 102 orang pegawai. Teknik pengumpulan data adalah observasi,
kuesioner, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian adalah
Lingkungan kerja, kualitas pelayanan, dan kepuasan kerja berpengaruh secara
bersama-sama terhadap produktivitas kerja pegawai. Dengan demikian berarti
semakin baik lingkungan kerja, kualitas pelayanan, dan kepuasan kerja maka
semakin meningkat juga produktivitas kerja pegawai di PT Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Kantor Cabang Panakkukang Makassar. Adapun saran dalam
penelitian adalah kepada pimpinan dalam meningkatkan produktivitas kerja
pegawai diharapkan untuk lebih memperhatikan lingkungan kerja pegawai,
memberikan tambahan wawasan dengan melaksanakan pelatihan dan
pengembangan karier bagi pegawai.