Abstract:
Tujuan dari penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui apakah
pemanfaatan jam belajar di luar sekolah dan pendampingan belajar orang tua
berpengaruh terhadap hasil belajar PPKn Siswa kelas II di SDN 182 Inpres Bontobonto Kabupaten Takalar. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang
berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 15 siswa putri SDN
Negeri 182 Inpres Bonto-bonto Kabupaten Takalar. Pengumpulan data dapat
diperoleh dengan menggunakan metode angket atau kuisioner, Hasil penelitian
dapat dilihat dengan melakukan pengujian hipotesis secara parsial dengan
menggunakan uji t dengan nilai signifikan sebesar 0,04 <0,05. Yang berarti jam
belajar di luar sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil
perhitungan yang diperoleh dengan cara melihat nilai t adalah sebesar 2.348
dengan tingkat signifikan sebesar 0,04<0,05 artinya pendampingan belajar orang
tua dapat meningkatkan hasil belajar dan sangat signifikan terhadap hasil belajar
siswa.