Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin
belajar di lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di
SDN Bontoramba Makassar, dimana jenis penelitian yang digunakan adalah ex- post
facto karna dalam penelitian ini tidak dibuat perlakuan khusus yang menipulasi
terhadap variabel subjek yang diteliti karna yang akan diselidiki adalah hubungan
antar variabel dengan memberikan angket guna untuk mengetahui adakah pengaruh
disiplin belajar di lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
siswa.sampel penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 30 orang.penelitian ini
dilakukan selama 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Hasil penelitian Berdasarkan hasil uji Normalitas K-S/kolmogorov smimov
diketahui nilai Asymp sig. (2-tailed) variabel X1 0,004>0,05 variabel X2 0,200<0,05
variabel X3 0,044>0,05 variabel Y 0,002>0,005 maka dapat disimpulkan variabel X1
X2 X3 dan Y tidak berdistribusi Normal. Tetapi Berdasarkan hasil uji linearitas
diketahui sig. Deviation from linearity variabel X1 0,369>0,05 variabel X2
0,756>0,05 variabel X3 0,633>0,05 maka dapat disimpulkan antara variabel bebas
(X1,X2,X3) dengan variabel terikat (Y) terdapat hubungan yang linear.