Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengamati seberapa jauh variabel
lingkungan sekolah sebagai sumber belajar mempengaruhi motivasi dan hasil
belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif deskriptif, Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas IV SDN 290 Inpres Kasisi` di Toraja serta yang menjadi
sampelnya adalah keseluruhan siswa kelas IV Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket (kuisoner), tes, dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pemanfaatan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta
didik karena dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar
peserta didik akan lebih berusaha mencari pengetahuannya sendiri dengan
berinteraksi langsung dengan alam disekitar lingkungan sekolah ataupun
memanfaatkan berbagai sumber belajar yang ada hal inilah yang membuat peserta
didik lebih termotivasi dan bersemangat dalam proses pembelajaran, sehingga
hasil belajar yang baik dapat diraih oleh semua peserta didik.