Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh kemandirian
belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota
Parepare. (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa.
(3) mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan
expost facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD
di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 60
siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemandirian belajar berpengaruh
signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota
Parepare. Besar sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 35%
dan sisanya sebesar 65% disumbang oleh variabel-variabel lain selain kemandirian
belajar, (2) motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
IPA siswa. Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 82% dan
sisanya sebesar 18% disumbang oleh variabel-variabel lain selain motivasi belajar,
(3) kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh
terhadap hasil belajar IPA siswa. Besar sumbangan motivasi dan kemandirian belajar
terhadap hasil belajar sebesar 82% dan sisanya sebesar 18% disumbang oleh variabelvariabel lain selain motivasi dan kemandirian belajar. Motivasi belajar lebih dominan
dalam mempengaruhi hasil belajar siswa daripada kemandirian. Oleh karena itu,
untuk meningkatkan hasil belajar, fokus lebih diberikan pada meningkatkan motivasi
siswa. Siswa yang termotivasi cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik
dalam mata pelajaran IPA.