DSpace Repository

PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN DI KECMATAN SOREANG KOTA PAREPARE

Show simple item record

dc.contributor.author DARMAWATI, PATTA
dc.date.accessioned 2023-10-30T05:50:26Z
dc.date.available 2023-10-30T05:50:26Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4621106007
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8618
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota Parepare. (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. (3) mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan expost facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 60 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN di Kecamatan Soreang Kota Parepare. Besar sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 35% dan sisanya sebesar 65% disumbang oleh variabel-variabel lain selain kemandirian belajar, (2) motivasi belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa. Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 82% dan sisanya sebesar 18% disumbang oleh variabel-variabel lain selain motivasi belajar, (3) kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa. Besar sumbangan motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 82% dan sisanya sebesar 18% disumbang oleh variabelvariabel lain selain motivasi dan kemandirian belajar. Motivasi belajar lebih dominan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa daripada kemandirian. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar, fokus lebih diberikan pada meningkatkan motivasi siswa. Siswa yang termotivasi cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik dalam mata pelajaran IPA. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject KEMANDIRIAN BELAJAR en_US
dc.subject MOTIVASI BELAJAR en_US
dc.subject HASIL BELAJAR IPA en_US
dc.title PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN DI KECMATAN SOREANG KOTA PAREPARE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account